Saturday 1 March 2008

Maintenance and Tweaking Tools

ATI Tool[1.2MB]
ATITool is an overclocking utility designed for ATI video cards.
Design target is to write a light-weight application for the enthusiast - so no questionable registry tweaks.

Crap Cleaner [529KB]
CCleaner is a freeware system optimization and privacy tool. It removes unused files from your system - allowing Windows to run faster and freeing up valuable hard disk space. It also cleans traces of your online activities such as your Internet history. But the best part is that it's fast (normally taking less that a second to run) and contains NO Spyware or Adware!

Free Internet Window Washer 1.0 [709KB]
Ketika terhubung ke jaringan internet tanpa sadar sebenarnya begitu banyak informasi yang dikirim keluar maupun masuk ke dalam komputer. Ada juga track internet yang disimpan dalam harddisk. Nah tugas utama dari software ini yaitu membersihakan Windows dari track-track tersebut.

HDDlife 2.5.74 [5.4MB]
Bagaimana perasaan anda jika kumpulan lagu, film, gambar, dan data-data penting lainnya hilang begitu saja karena harddisk anda mengalami crash. Untul itulah, software ini dapat memperkecil serta melindungi harddisk dari kerusakan yang salah satunya disebabkan suhunya yang terlalu panas. Software ini juga sudah mendukung teknologi S.M.A.R.T. Suhu dari harddisk akan dimonitor secara realtime sehingga dapat diketahui panas dari harddisk.

K1 1.0.2 [186KB]
Berbagai setting pada komputer dapat dirubah melalui software ini. Fungsi-fungsi yang dapat diperoleh dari software ini antara lain shutdown, reboot, log-off, mengunci komputer, memulai maupun menghentikan suatu proses, memutuskan koneksi internet, tweaking registry, password generator, membuat shortcut, cleaner dan masih banyak lagi.

PC Wizard 2006 [2.07MB]
Versi terbaru ini menambahkan beberapa fitur baru meliputi bagian System Files, Resources, Configuration dan Benchmark. Software ini berguna untuk mengetahui seluk beluk komputer mulai dari bagian software sampai dengan hardware yang selalu diupdate sehingga hampir semua komponen dapat terdeteksi. Dilengkapi juga dengan fasilitas benchmark yang cukup akurat hasilnya.

RegSeeker 1.45 Build 0505 [351KB]
Registry Cleaner ini memiliki kemampuan yang bisa dibilang sangat baik dalam menghapus entry-entry dalam registry yang sudah tidak diperlukan lagi. Adapun selain sebagai registry cleaner, software ini juga mempunyai feature sebagai berikut: menghapus jejak-jejak yang ditinggal software yang sudah tidak valid, mengatur startup menu, color schemes, pembersihan history yang meliputi internet URL, cache dan cookies yang terdapat dalam file "index.dat", old start menu items, clean stream MRU. Selain itu ada juga fungsi tweaking sederhana dan fungsi utamanya yaitu clean the registry yang akan menscan keseluruhan registry anda yang dianggap tidak valid secara mendalam dan menghapusnya dari registry. Sebelum menghapus suatu entry aplikasi ini juga dapat melakukan backup terhadapnya.

Riva Tuner 2.0 RC157 [1.1MB]
Software ini diperuntukkan bagi yang menggunakan graphic card Nvidia GeForce maupun ATI Radeon. Dilengkapi kemampuan overclocking yang cukup baik, bagian-bagian yang dapat dicustomize seperti low level system tweaks, low level refresh rate settings, low level color adjustment, DirectDraw and Direct3D setting, OpenGL setting dan sebagainya.

Scannet 3.2 [9MB]
Seorang admin jaringan tentulah harus memelihara kesehatan jaringan supaya dapat berkomukasi dengan baik. Software ini akan membantu dalam mengawasi, memelihara jaringan baik itu LAN/WAN, internet, firewall intern, route, port, aplikasi seperti Kazaa atau Emule, netmeeting, messenger. Begitu banyak fungsi yang ditawarkan oleh software ini antara lain Scan Network, Trace Route, Local Shared, Ping, TCP/IP Network, Terminal, HTTP, Finger, COM+, Remote Registry, Remote Connections, Gopher, Quote, Search for LAN Object, Timeserver, Forgotten Password, LAN Object, Whois, Domain/Host Info, SystemInformation, Resource Browser, Local Shared, Watch Workgroup.

TweakNow RegCleaner Standard Edition
Registry adalah dapat diandaikan sebagai jantung dari sistem sebuah Windows. Ketika menginstall sebuah aplikasi pasti akan dimsaukkan data-data software tersebut ke dalam registry. Selain itu registry juga menyimpan informasi shortcut, tipe file, cache, file directory dan begitu banyak informasi lainnya. Software ini bertugas untuk membersihkan registry dari berbagai informasi-informasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi di dalam registry sehingga Windows tidak perlu lagi meload informasi tersebut yang pada akhirnya akan mempercepat kerja dari Windows. Software ini membagi registry dalam safe to delete, not fully safe to delete, unknown sehingga memudahkan dalam menentukan path mana saja yang dapat dihapus, tersedia juga restore jika ternyata salah dalam menghapus path. Salah satu kekurangan software ini yaitu scanning yang tidak terlalu detil dalam registry.

ZSoft Uninstaller 2.2.5 [735KB]
Jika hendak mengunisntall suatu aplikasi maka sebagian dari kita akan masuk ke dalam add or remove program yang terdapat dalam control panel. Tetapi penghapusan yang dilakukan di sana terkadang masih menyisakan sisa informasi yang masih terdapat dalam registry. Dengan software ini sisa informasi dalam registry dapat dibersihkan secara total olehnya. Terdapat juga fitur untul melakukan pencarian file-file instalasi di dalam folder temporary, menampilkan aplikasi-aplikasi sampah yang terdapat dalam komputer. Memory usage yang digunakan juga terbilang kecil.




original: kikil.com